Napro.id, Tangerang - Investasi merupakan uatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih. Dengan adanya pilihan ini, maka setiap orang bisa berinvestasi lebih pada beberapa media yang tetap memberikan keuntungan jangka panjang pada kita. 

Investasi sering disebut juga dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal merupakan suatu komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agregat. Fungsi dari investasi sendiri yaitu sebagai kurva yang menunjukan sebuah hubungan antara tingkat investasi dan tingkat pendapatan nasional. Prinsip dari sebuah investasi adalah ketika menghasilkan keuntungan yang tinggi maka risiko yang didapat juga pasti tinggi. Begitupun sebaliknya, ketika menjalankan investasi dengan keuntungan yang tidak terlalu besar maka risiko yang dihadapi juga sangat rendah. Meskipun banyak sekali risiko yang bisa terjadi ke depannya, namun banyak hal yang menjadi alasan mengapa seseorang melakukan investasi, salah satunya keuntungan. Bagi yang memiliki bisnis, investasi juga sangat penting untuk kepentingan bisnis Anda baik dalam skala yang kecil maupun besar. Prinsip dasar yang digunakan pada investasi sama dengan bisnis seperti dalam menganalisis resiko, menangkap peluang, dan lainnya. Dengan adanya investasi, tidak hanya dapat membantu Anda untuk mengembangkan modal dan bisnis saja, namun juga dapat untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Saat orang sudah mau berinvestasi, ada sebuah pertanyaan yang sering diucapkan sebagian orang saat akan memulainya Pertanyaanya ialah "saya ingin berinvestasi, namun tidak memiliki uang banyak, bagaimana, ya?". Jika pertanyaan tersebut masih ada di benak Anda, maka langkah pertama adalah dengan mencari tahu investasi apa saja yang bisa dengan mudah Anda jalani. Terdapat banyak jenis investasi yang pastinya memiliki karakteristik tersendiri. Ada yang bisa dimulai dengan uang puluhan juta, bahkan ada juga investasi hemat yang bisa dimulai hanya dengan ratusan ribu saja.



“Nanti uang saya bisa hilang?"

Mungkin itu pertanyaan yang selanjutnya muncul di pikiran Anda. Tidak hanya investasi atau menabung, hampir setiap hal di dunia ini memiliki risiko. Namun risiko-risiko tersebut, bukanlah sesuatu yang pasti terjadi. Risiko itu ada, namun bisa Anda minimalisir atau hindari. Investasi tentu mengandung risiko, namun bukan berarti risiko tersebut menghalangi Anda untuk meraih keuntungan. Jadi yang perlu Anda lakukan, kenali profil risiko Anda dan risiko jenis investasi yang Anda lakukan, cari tahu bagaimana meraih profit dari investasi tersebut dan pahami bagaimana cara meminimalisir risikonya.

Sederhananya, investasi adalah uang Anda bekerja untuk Anda. Kalau Anda adalah seorang karyawan yang berinvestasi, artinya Anda tidak hanya bekerja untuk uang, namun juga membuat uang bekerja untuk Anda, sehingga Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih optimal dari uang Anda sendiri.

Tapi sebenarnya, apa dengan berinvestasi secara umum kita bisa mendapatkan keuntungan? tentu saja. Yang terpenting dengan berinvestasi penghasilan Anda akan tersimpan dengan baik, atau dengan kata lain Anda tidak boros dari segi pengeluaran. Dengan berinvestasi, Anda juga dapat mencapai suatu target keuangan, yang kemudian digunakan untuk membeli sesuatu, misal rumah, apartemen, ruko, housing, kavling, tanah, dan hunian-hunian lainnya. Anda akan lebih cepat menjangkau nilai uang dengan berinvestasi daripada hanya dengan menabung. Investasi pun dapat Anda gunakan untuk persiapan pensiun. Investasi dengan return tinggi seperti investasi saham dapat dipakai untuk menyiapkan dana pensiun yang membutuhkan waktu lama. Persiapan dana pensiun sesuai dengan karakter investasi saham yang cenderung memberikan hasil maksimal bila dilakukan dalam jangka waktu panjang. Namun, sebaiknya semakin mendekati pensiun porsi investasi saham harus semakin menurun, digantikan investasi yang lebih konservatif.

Apa saja investasi yang dimaksud? berikut kami sajikan informasi selengkapnya kepada Anda terkait jenis investasi yang bisa dipilih. Investasi-investasi dibawah ini memiliki keunggulan tersendiri, namun juga tidak terlepas dari kekurangan karena ketidaksempurnaan medianya yang mana juga turut dipengaruhi dari masyarakatnya sendiri. Berikut informasinya:

Properti

Diperingkat pertama ada properti sebagai investasi yang bisa Anda pilih. Investasi properti terbilang sangat menguntungkan, bahkan setiap tahun harganya bisa terus meningkat. Bahkan di beberapa daerah di Jakarta peningkatan harganya bisa mencapai hampir dua kali lipat dalam waktu kurang dari lima tahun. Selain dimiliki untuk dihuni, properti juga bisa disewakan yang mana ini bisa memberikan penghasilan tambahan untuk Anda.  Properti akan memiliki nilai tambah yang cenderung besar. Nilai tambah ini dapat berasal dari pengembangan pembangunan, dimana properti dibangun di atas bidang tanah kosong kemudian dapat digunakan dan mendapatkan keuntungan yang berlipat. Misalnya, sebuah cafe dibangun di atas tanah kosong, tetapi memiliki letak yang strategis dengan akses fasilitas yang baik. Selain itu, bangunan juga dipercantik dengan arsitektur yang menarik. Dengan begitu, usaha yang dijalankan menggunakan properti tersebut akan menghasilkan keuntungan yang tinggi. Selain itu, dengan letak properti yang strategis, harga sewa juga akan berbeda dengan properti yang berada pinggir kota. Bagi investor yang sudah berinvestasi properti bisa digunakan untuk pengajuan pinjaman atau agunan. Keuntungan dari investasi properti akan lebih mudah mendapatkan pinjaman. Melalui cara ini, investor bisa berinvestasi lagi pada properti yang lain. Lalu, untuk pengembalian hutang juga tidak perlu khawatir. Dengan keuntungan yang meningkat hasil yang didapatkan juga bisa balik modal. Hanya saja, perlu memperhitungkan dengan cermat antara jumlah pinjaman dengan keuntungan yang didapatkan setiap bulannya.

Pengamat dan pelaku bisnis properti optimis sektor properti di Indonesia diprediksi akan kembali tumbuh pesat pada paruh terakhir 2017 dan menjelang 2018.Terlepas dari tantangan-tantangan yang harus dihadapi, tahun depan khususnya diyakini sebagai waktu yang tepat untuk berinvestasi. Pertumbuhan ekonomi nasional adalah salah satu faktor yang kuat di balik kondisi pasar properti Indonesia dengan lonjakan permintaan yang didukung oleh kepercayaan konsumen yang lebih tinggi. Di pasar real estate Indonesia, Jabodebek telah menjadi segmen terbesar dalam hal kontribusi daerah dan pendapatan di pasar real estate Indonesia secara keseluruhan.

Beberapa faktor lainnya mengapa investasi properti jauh lebih menarik dan menguntungkan dibandingkan dengan investasi aset lainnya adalah karena properti jauh lebih stabil dibandingkan saham yang dapat turun dengan cepat. Selain itu, harga propertiu juga elalu cenderung naik sesuai dengan peningkatan ekonomi dan daya beli. Bahkan, yang istimewanya lagi adalah properti dapat menghasilkan pendapatan sewa dan mudah untuk diversifikasi. Kesimpulannya, meski kondisi ekonomi sedang terpuruk sekalipun, kenaikan harga properti akan selalu lebih tinggi daripada tingkat inflasi. Catat!



Saham

Saham adalah bagian kepemilikan dari suatu badan usaha. Jika Anda membeli atau memiliki sebagian saham dari suatu perusahaan berarti Anda ikut serta memiliki perusahaan dan tentu saja Anda memiliki klaim baik pada kekayaan maupun pada penghasilan perusahaan. Dengan memiliki saham yang diperjual belikan tersebut maka Anda memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu pemilik dar perusahaan-perusahaan besar. Ada beberapa tipe dari saham, termasuk saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock). Saham preferen biasanya disebut sebagai saham campuran karena memiliki ciri-ciri hampir sama dengan saham biasa. Biasanya saham biasa hanya memiliki satu jenis tetapi dalam beberapa kasus terdapat lebih dari satu, tergantung dari kebutuhan perusahaan. Saham biasa memiliki beberapa jenis, seperti kelas A, kelas B, kelas C, dan lainnya. Masing-masing kelas dengan keuntungan dan kerugiannya sendiri-sendiri dan simbol huruf tidak memiliki arti apa-apa.

Masih banyak yang ragu untuk berinvestasi di saham karena alasan tertentu seperti terlalu berresiko dan popularitas saham sendiri yang tidak setinggi dulu. Namun, saham bisa aman karena yang terpenting Anda bisa memahami seluk beluk perusahaan saham, seperti laporan keuangan, keadaan perusahaan dan lain-lain, adalah kunci dari suksesnya investasi Anda.  Berinvestasi saham juga memberikan dampak baik tersendiri khususnya saat saham bonus turun. Saham bonus adalah adalah pembagian saham kepada para pemegang saham berdasarkan jumlah lembar yang dimilikinya. Dengan membagikan saham bonus, perusahaan tidak perlu mengurangi jumlah kas yang dimilikinya. Pembagian saham bonus tidak mengubah nilai ekuiti suatu perusahaan. Selain itu, pembagian saham bonus juga bertujuan untuk menaikkan jumlah peredaran saham suatu perusahaan. Saham bonus dapat berupa dividen saham atau non dividen saham.

Saat Anda membeli saham, itu menandakan Anda membeli kepemilikan suatu usaha. Ini memberikan Anda hak keuntungan berupa deviden, yaitu pembagian laba kepada setiap pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Saham memiliki kelebihan yaitu dapat memberikan return yang relatif tinggi. Namun, dibalik itu semua investasi saham di Indonesia memiliki kemungkinan terburuk khususnya saat harga saham turun dan bisa membuat Anda merugi.



Emas

Emas atau logam mulia merupakan salah satu investasi yang sedang banyak digemari di Indonesia, bahkan sebelum populernya properti, emas sudah terlebih dahulu menyita perhatian masyarakat di tanah air. Kelebihan investasi pada emas antara lain emas merupakan aset likuid yang mudah dijual. Dari macam-macam nya pun, emas memiliki keberagaman yang bisa Anda pilih, seperti emas batangan hingga emas antam yang memiliki nilai jual beli tersendiri di pasaran. Investasi emas juga tidak lepas dari kekurangan yang pastinya bisa Anda rasakan, antara lain sulit dalam penyimpanannya dimana sampai saat ini tidak ada media seperti Bank yang bisa menyimpan emas untuk jangka panjang. 

Namun, sebagai alah satu logam mulia yang sangat didambakan dan diidamkan oleh setiap orang, emas saat ini dianggap sebagai salah satu investasi yang menguntungkan. Mengapa demikian? Tentu saja hal ini dikarenakan emas menjadi barang yang harganya cenderung stabil setiap tahunnya dan jarang terjadi penurunan secara signifikan. Semakin terbatasnya jumlah sumber daya alam penghasil emas diduga menjadi penyebab harga emas semakin tahun semakin tinggi.  Saat harga emas naik saat itulah investor logam mulia mengalami masa panen. Layaknya seorang petani yang akan mendapatkan keuntungan ketika masa panennya tiba. Oleh karena itu, apabila harga emas mengalami penurunan maka janganlah khawatir. Karena itu hanya akan terjadi sesaat. Selanjutnya harga emas akan terus meningkat naik seiring tingkat inflasi. Singkatnya, harga emas tetap sesuai dengan daya beli masyarakat pada waktu itu.



Obligasi

Investasi obligasi adalah investasi yang cukup menguntungkan, karena pemilik obligasi akan mendapatkan keuntungan dari kupon dan potensi kenaikan harga obligasi. Kali ini NaPro.id akan membahas mengenai investasi obligasi. Obligasi atau surat utang dapat dikeluarkan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta. Setiap obligasi akan dijual pertama kali pada nilai nominal (par value). Dalam perjalanannya obligasi dapat diperjualbelikan dalam pasar modal. Tentu saja harga sebuah obligasi dapat mengalami kenaikan maupun penurunan. 

Investasi obligasi membutuhkan biaya yang cukup besar, ada beberapa perusahaan yang menawarkan surat utangnya dengan angka minimal Rp500 juta. Oleh sebab itu tidak semua masyarakat Indonesia mampu berinvestasi di obligasi. Meskipun begitu, obligasi tetapn memiliki daya tarik yang kuat yaitu keamanan dari berinvestasi dengan 'meminjamkan uang' itu sendiri. Jika Anda membeli obligasi dari pemerintah maka investasi Anda bisa dikatakan tanpa risiko. Kemanan dan stabilitas dari obligasi tentu saja mempunyai sisi kelemahannya, yaitu rendahnya potensi return yang akan Anda dapatkan sehingga dapat dikatakan obligasi merupakan kendaraan investasi yang memiliki return rendah.

Pada beberapa negara, istilah "obligasi" dan "surat utang" dipergunakan tergantung pada jangka waktu jatuh temponya. Pelaku pasar biasanya menggunakan istilah obligasi untuk penerbitan surat utang dalam jumlah besar yang ditawarkan secara luas kepada publik dan istilah "surat utang" digunakan bagi penerbitan surat utang dalam skala kecil yang biasanya ditawarkan kepada sejmlah kecil investor. Tidak ada pembatasan yang jelas atas penggunaan istilah ini. Ada juga dikenal istilah "surat perbendaharaan" yang digunakan bagi sekuriti berpenghasilan tetap dengan masa jatuh tempo 3 tahun atau kurang. Obligasi memiliki risiko yang tertinggi dibandingkan dengan "surat utang" yang memiliki risiko menengah dan "surat perbendaharaan" yang memiliko risiko terendah yang mana dilihat dari sisi "durasi" surat utang di mana makin pendek durasinya memiliki risiko makin rendah.



Peer to Peer Lending

Peer-to-peer (P2P) lending platform adalah sebuah produk inovasi dalam teknologi keuangan (fintech) yang berupa marketplace untuk menghubungkan pengusaha mikro dan UKM yang memerlukan pembiayaan dengan para investor yang ingin mendanai usaha tersebut berdasarkan pertimbangan profil risiko dan imbal hasil yang sesuai.

Bentuk investasi dari peer-to-peer lending sendiri mencakup sebuah platform pinjaman dana dari investor yang akan diberikan kepada UKM yang menjadi borrower.  Setiap investor akan mendapatkan suku bunga efektif yang sangat kompetitif, hampir mencapai 18% per tahun. Investasi jenis ini juga memungkinkan investor untuk dapat memilih sendiri, tingkatan resiko yang mampu diterima, mulai dari low risk, medium, hingga high risk. Setiap jenis resiko biasanya memiliki bunga kompetitifnya masing-masing. Berbeda dari jenis investasi lainnya, peer-to-peer lending juga memungkinkan Anda untuk dapat mulai berinvestasi hanya dengan ratusan ribu. Tentunya investasi jenis ini sangat cocok bagi para investor pemula untuk mulai belajar mengenai dunia investasi.



Itulah beberapa investasi yang ada saat ini. Mana media investasi yang tertarik untuk Anda geluti? Jenis investasi diatas bisa dipilih oleh Anda khususnya yang memang sudah mengerti alur dari investasi itu sendiri. Akan tetapi, tidak semua investasi tersebut bisa dijalankan apabila Anda tidak mengerti kemana investasi tersebut bermuara. Yang paling penting, pemahaman akan media investasi itu sendiri Anda mengerti agar hasilnya bisa maksimal, meskipun dalam kenyataan nya investasi yang kita jalani dilakukan secara kredit bahkan patungan atau rame-rame dengan kerabat.