NaPro.id, Tangerang - Crowdfunding, tercermin dari namanya, yaitu sebuah proses yang menarik minat sejumlah besar investor untuk mengeluarkan uang dalam jumlah kecil dan berinvestasi pada sebuah produk, sebuah proyek atau sebuah gagasan. Kini banyak investor yang merasa lebih cepat dan mudah dalam menemukan kesempatan investasi yang baik dengan menelusuri website-website crowdfunding dibandingkan dengan harus mendatangi pertemuan satu-satu dengan pemilik usaha yang ingin melakukan presentasi dan pitching.

Crowdfunding : Business Solution?

Para Entrepreneurs dapat merealisasikan ide idenya dan mendapatkan dananya lebih mudah dan efisien. 
Crowdfunding ini memiliki potensi karena system ini dapat memberikan anda akses ke pasar-pasar baru yang belum pernah di garap. Dulu, berinvestasi di usaha kecil dan perusahan yang baru berkembang hanya dilakukan oleh kaum elit dan orang-orang kaya. Namun, dengan crowdfunding, siapapun yang hanya membawa modal sedikit kini bisa menjadi seorang investor, dan juga mendapat keuntungan dari usaha usahanya.

Crowdfunding sendiri sebenarnya sudah berjalan di Indonesia. Namun diperlukan juga peran pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan investasi di Indonesia. 



Lalu mengapa melakukan crowdfunding? Ini adalah keuntungannya :

1. Efficieny
Anda tidak perlu menghabiskan banyak tenaga, waktu dan uang anda saat menggunakan metode crowdfunding. Karena tidak perlu mendatangi dan presentasi ide bisnis di depan calon investor.
 
2. Free Marketing & PR
Dari saat launching sampai closing nanti, anda dapat mempromosikan ide bisnis anda melalui social media, email newsletter, dan media online marketing yang lainnya.  Dengan ini, dapat menghemat biaya juga

3. Memperluas Networking
Anda juga bisa mendapatkan jangkauan networking yang lebih luas. Anda akan bertemu dan berkenalan dengan sesame pendukung yang memberikan dana pada proyek sama. Jika misalnya proyek yang anda danai  itu sukses dan pihak pencipta mengundang anda untuk dating ke event tertentu maka ini kesempatan bagi anda untuk bertemu dengan banyak orang di berbagai bidang.

4. Menyalurkan passion
Memberikan dana anda untuk mendukung proyek crowdfunding di Indonesia yang sesuain dengan passion ataupun bidang kesukaan anda. Jangan ragu untuk mmeberi masukan , feedback untuk membantu pencipta proyek dalam menentukan keputusan. 

Crowdfunding itu sendiri tidak hanya untuk mengumpulkan dana tetapi juga dapat digunakan sebagai tes ide atau projek dan juga mengurangi resiko terhadap keinginan konsumen yang berubah ubah. Karena konsep bisnis yang bagus itu adalah “Sell it before Build it”, dan sistem ini adanya di crowdfunding. Tidak adanya investor tetapi komunitas dan masyarakat umumlah yang dapat mendukung proyek kreatif kamu.