Bagi individu yang mencari pinjaman karena alasan konsolidasi hutang, pinjaman mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman usaha kecil atau pinjaman pribadi lainnya, ada opsi pendanaan baru melalui peer to peer lending. Pilihan ini relativitas baru dan telah menjadi industri yang benar-benar terpisah. Hal ini berkembang dengan cepat dan bagi banyak orang merasa layanannya tidak mudah dipenuhi oleh pilihan lain.

Idenya didasarkan pada pemberian pinjaman pribadi kepada orang dan sangat mirip dengan meminjamkan anggota keluarga atau uang teman. Bank terlibat untuk menghubungkan individu yang ingin terlibat dalam pinjaman atau pinjaman. Bagi peminjam, bank membantu menemukan kreditur. Bagi para kreditur, semua uji tuntas terhadap peminjam seperti pemeriksaan kredit dan penanganan penagihan. Pemeriksaan kredit memiliki tujuan untuk mengurangi risiko pada masing-masing pemberi pinjaman dan menetapkan jumlah maksimum yang dapat diperoleh peminjam dan terkadang tingkat suku bunga pinjaman.

Mengapa peminjam menyukai situs peer to peer seperti ini?

Alasan pertama mengapa, yang paling umum digunakan adalah konsolidasi hutang. Hal ini sering mendapat tingkat yang lebih rendah daripada bentuk konsolidasi lainnya dan pada saat pinjaman dilunasi.

Alasan kedua adalah mudah mencari dana. Jika mencoba memulai bisnis, pinjaman usaha sangat sulit didapat dari bank lokal Anda dan jika ditolak, orang tersebut harus pergi ke bank. Dengan pinjaman rekan sejawat, pemberi pinjaman sering menemukan Anda. Ada sedikit penjualan pinjaman Anda di pasar, tapi tersedia untuk mendanai ribuan kreditur potensial.

Ketiga, tingkat suku bunga seringkali lebih rendah dari bentuk pinjaman pribadi lainnya. Peer to peer pinjaman memiliki tingkat suku bunga mulai 6%. Hal ini tergantung pada status kredit Anda. Sebagai perbandingan, kartu kredit biasanya sekitar 10% sampai 20% bunga dan bisa mencapai 30%. Selanjutnya, tarif sudah diatur dan tidak bisa berubah seperti kartu kredit.

Mengapa pemberi pinjaman atau investor menyukai platform peer to peer lending? 

Alasan terbesar adalah return. Tingkat pengembalian, berkisar antara 6% sampai 19%. Ini adalah tingkat pengembalian yang sangat tinggi dalam investasi apapun. Alasan kedua adalah tindakan yang dilakukan untuk mengurangi default oleh peer to peer websites seperti koinworks seperti skrining kredit awal. Mereka mencantumkan tingkat default hanya di atas 2%. Ini rendah mengingat pinjaman ini tidak aman, artinya tidak ada jaminan dukungan pinjaman. Untuk lebih mengurangi risiko, kreditor tidak diperbolehkan mendanai hanya satu pinjaman dengan modal mereka. Mereka harus menyebarkannya di antara beberapa pinjaman untuk mendiversifikasi risiko mereka.