UKM yang sedang giat-giatnya digalakkan di negara kita ini tampak sangat membutuhkan adanya dukungan dalam hal pendanaan. Ini lah yang kemudian berkembang menjadi peluang bisnis pendanaan online, pinjaman online dan crowdfunding. Napro merupakan salah satu start up fintech yang bergerak di bidang ini, Anda dapat melakukan indvestasi  disini dengan jalan crowdfunding untuk membantu mereka yang memiliki ide bisnis dan ingin mewujudkannya. Crowdfunding sendiri adalah proses mengumpulkan dana untuk memulai suatu project atau bisnis, yang sumber dananya berasal dari sejumlah besar orang (Crowd), pengumpulannya memiliki batas waktu tertentu, misalnya 30 – 60 hari, dan prosesnya dilakukan melalui online platform.

Cara kerja crowdfunding mirip dengan konsep Pre-Order. Pada awalnya Creator (sang penggalang dana, yang memiliki project) memberikan pilihan paket apa yang akan didapatkan oleh supporter jika menyumbang dana dengan jumlah tertentu. Supporter (orang-orang yang memebrikan donasi pada project creator) kemudian memilih salah satu paket tersebut dan melakukan transfer dana sejumlah paket yang dipilih. Setelah dana terkumpul maka Creator akan memulai proses produksi dan mengirimkan barang pesanan Supporter.

Faktor pendanaan yang mulai berkembang pesat ini sangat dirasakan manfaatnya oleh pengusaha kecil menengah dan mikro. Mereka lebih mudah mendapatkan modal untuk menjalankan bisnis, usaha dan mengembangkan ide-ide nya.  Banyak dari UKM ini tidak memiliki rekening bank atau setidaknya mereka kesulitan mendapatkan pendanaan dari bank konvensional.

Kitabisa membantu dengan mengambil bagian sebagai supporter di project crowdfunding tersebut. Memilih fintech yang tepat akan menjadi point plus, dimana keamanan menjadi faktor utama dalam memilih investasi. Semua layanan crowdfunding pada dasarnya sama, namun ada beberpa yang memberikan nilai tambah seperti berbasis syariaf misalnya Indves atau mungkin dari cara screening yang dilakukan.

Napro sendiri melakukan seleksi dan pilihan fitur yang beragam kepada para creator dan supporter. Semisal dana yang terkumpul belum mencapai target maka creator akan diberi penawaran lanjutan untuk memperpanjang waktu atau mengambil dana yang sudah terkumpul saja.

Menjadi supporter dalam program crowdfunding seperti ini sangat disarankan kepada mereka yang baru saja belajar tentang investasi bisnis. selain nilainya yang tidak terlalu besar, ini relative aman dan resiko sangat kecil.