Pinjam meminjam uang tampaknya sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan manusia di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Justru kegiatan ini lebih marak di negara berkembang dibandingkan di negara-negara maju. Dengan berkembang epsatnya telhnologi dan juga system komunikasi yang melibatkan internet di setiap segi kehidupan, menghasilkan startup-start up fintech atau financial technologi yang menawarkan produk keuangan baik itu investasi, crowd funding maupun pinjaman berjangka. Sebutlah Artawana, Indves, dan masih banyak lagi yang lainnya. Artawana adalah contoh dari fintech yang menawarkan pinjaman berjangka sedangkan Indves lebih ke layanan crowd funding.

Para start up fintech ini bukan hanya menawarkan pinjaman modal, pinjaman dana cash, namun juga menjanjikan proses yang cepat juga tidak berbelit birokrasinya. Masing-masing berjalan di bawah oengawasan OJK tentunya. Ada yang memberikan pinjaman langsung dengan dana sendiri. Misalnya, PT Digital Alpha Indonesia (UangTeman), ada pula yang menganut skema peer-to-peer lending. Pinjaman online ada yang tanpa jaminan. Tapi, ada yang mensyaratkan jaminan berupa rumah atau apartemen. Lantaran menjanjikan proses mudah bahkan pinjaman bisa cair dalam tempo 24 jam, bunga pinjaman online terbilang tinggi. Ada yang mengenakan bunga hingga 26% per tahun. Namun itu tak menyurutkan niat banyak orang untuk meminjam. Meski lumayan tinggi, namun bunganya masih sangat jauh dibawah bunga pinjaman yang ditawarkan oleh rentenir atau lintah darat. 

Anda tidak perlu risau untuk mengambil pinjaman di platform seperti ini, bahkan ini bisa dikatakan lebih aman dibandingkan jika Anda mengambil pinjaman dari lembaga penyedia KTA di luar sana. Sebelum mengajukan pinjaman online, Anda harus menyesuaikan jangka waktu peminjaman dengan tujuan yang ingin dicapai dari dana tersebut. Kedisiplinan sangat dibutuhkan ketika pinjaman sudah disetujui, selalu lakukan pembayaran sebelum waktunya ataus etidaknya tepat waktu untuk menghindari adanya denda.

Yang memudahkan Anda adalah, Anda tidak perlu bersusah payah mengunjungi kantor apapun untuk mendapatkan dana ini. Semua dilakukan secara online. Dimana pun domisili Anda tidak perlu khawatir terlambat membayar cicilan. Platform-platform ini telah terhubung dengan bank konvensional dan rata-rata memiliki nomor rekening virtual juga applikasi android untuk memantau pembayaran dari nasabah.