Haruskah saya berinvestasi di Bitcoin? Yang terjaadi saat ini, bitcoin pasti layak dipertimbangkan. Dan dengan bitcoin yang melewati ambang batas $ 10k awal minggu ini, tak heran orang mengira ini adalah gelembung. Ini turun di bawah $ 1.000 pada bulan Juni tahun lalu, dan telah benar-benar meroket sejak itu.

Investor cenderung mengabaikan kripto-kardiak karena pasarnya yang sangat tidak stabil. Dengan volatilitas, meskipun, datang secara drastis meningkatkan margin keuntungan. Dalam waktu kurang dari 6 bulan, bitcoin memiliki kenaikan nilai lebih dari 1.000%. Bagi banyak orang itu adalah tanda pasti sebuah gelembung. Bagi orang lain, ini adalah kesempatan unik untuk menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat.

Tapi mari kita mundur sebentar. Pikirkan tentang hal ini dalam hal ekonomi. Bila Anda melihat grafik penawaran dan permintaan, Anda melihat bahwa seiring kenaikan pasokan, permintaan menurun. Dan seiring dengan berkurangnya pasokan, permintaan meningkat. Ini dikenal sebagai hubungan terbalik.

Permintaan dibuat melalui sesuatu yang disebut "kelangkaan". Kelangkaan berarti kekurangan pasokan. Pikirkan tentang hal ini seperti air dalam konsep. Ada sedikit air yang tersedia, dan dengan demikian menuntut kenaikan drastis. Di sisi lain, hujan pada musim hujan sangat ekstrem. Dan orang-orang tidak mau berurusan dengan lebih banyak air. Ini adalah contoh yang Anda lihat dalam kehidupan nyata, tapi mari kita lihat kelangkaan, dalam hal kripto.

Hanya akan ada 21 juta bitcoin yang ditambang. Di dunia, ada sekitar 33 juta jutawan. Sekalipun setiap jutawan menginginkan keseluruhan bitcoin, itu tidak mungkin. Hanya ada cukup sedikit bitcoin untuk berkeliling. Bagaimana dengan penambang bitcoin yang mengandalkan situs investasi onlie seperti tavest misalnya. 

Kelangkaan membangun permintaan.

Sekarang, di Amerika Serikat (dan negara-negara kaya lainnya), orang tidak selalu melihat bitcoin sebagai sesuatu selain investasi. Tapi pola pikir itu gagal memperhitungkan orang-orang yang terkena dampak krisis ekonomi.

Pertimbangkan Venezuela. Mereka menghadapi lebih dari 4.000% inflasi. Mata uang fiat mereka pada dasarnya tidak berguna. Hingga Agustus 2015, ada sekitar 450 perusahaan yang menerima bitcoin. Pada bulan November 2016, ada lebih dari 85.000 orang yang menerima kriptocurrency.

Stat itu berumur satu tahun, dan Venezuela terus diganggu dengan spiral kematian ekonomi. Jadi, jumlahnya pasti lebih tinggi. Bahkan, lebih dari 100.000 penambang telah memasuki pertandingan di tanah air. Sekarang, kita telah melihat nilai bitcoin di mata orang kaya, dan kita telah melihat nilainya di mata orang-orang dalam krisis ekonomi.

Jadi untuk menjawab pertanyaan anda, iya. Bitcoin layak dipertimbangkan sebagai investasi.